Kliping Koran : Mimpi Masyarakat Ekonomi Asean


kode kliping : A044
jenis kliping : artikel sosial ekonomi
judul : mimpi masyarakat ekonomi asean
penulis : a prasetyantoko
sumber : kompas
tanggal terbit : selasa, 10 mei 2011

ringkasan isi artikel :

artikel ini memaparkan tentang ktt ke 18 asean di jakarta dan realisasi masyarakat ekonomi asean pada tahun 2015, sebuah inisiatif terbesar dan ambisius setelah masyarakat ekonomi eropa. orientasi pokoknya menciptakan pasar tunggal bagi moblitas barang, jasa, investasi langsung dan tenaga kerja.

dalam artikel ini juga dituliskan bahwa meski diliputi optimisme, sejatinya mea menghadapi aneka persoalan serius, diantaranya perbedaan jumlah penduduk yang menunjukkan disparitas persoalan utama perekonomian dan orientasi pembangunan, mplikasinya setiap negara mempunyai orientasi kebijakan makro yang tak sejalan. sementara perekonomian tunggal tentu perlu kebijakan ekonomi makro. perbedaan ini salah satunya akan mempengaruhi keterbukaan terhadap pasar bebas.

kemudian didalam artikel ini juga dituliskan tentang agenda domestik yang harus dilakukan untuk persiapan menyambut integrasi pasar modal pada 2013, integrasi perdagangan 2015, integrasi perbankan 2020 adalah dengan melakukan aneka persiapan progresif. salah satu kunci terpenting memenangi persaingan dalam sistem perdagangan bebas ialah perbaikan sistem logistik yang sangat buruk dibandingkan negara lain.

0 comments:

Post a Comment