Kliping Sosial Ekonomi : Indikator Pembangunan Yang Menggerakkan


Bisnis Untuk Anak Muda

Dapatkan uang saku jutaan / bln
Jadilah Anak Muda yang Kaya
--------------------------------------------------------------


kode kliping    : A009
jenis kliping     : artikel sosial ekonomi
judul                : indikator pembangunan yang menggerakkan
penulis             : meuthia ganie-rochman
sumber             : kompas
tanggal terbit   : selasa, 21 juni 2011
                                 
ringkasan isi artikel     :

beberapa hal yang menjadi inti artikel ini adalah tentang perbaikan indikator pembangunan yang selama ini umum dikenal, yaitu indikator pertumbuhan gdp, gross domestic product. perubahan kerangka pemikiran dari tujuan pengukuran tersebut dan penambahan dimensi yang diukur merupakan perubahan yang mendasar merupakan kecenderungan yang terjadi ditingkat internasional.

sebagai contoh, upaya yang lebih komprehensif dalam mengukur indikator pembangunan adalah yang dilaksanakan di perancis yang mempromosikan indikator pembangunan baru. indikator tersebut bersifat multidimensional yang meliputi kesehatan, pendidikan, kegiatan personal, termasuk pekerjaan, kesempatan bersuara secara politik dan tata kelola, hubungan dan jaringan social, kondisi lingkungan sekarang dan kedepan serta tingkat kepastian ekonomi dan fisik.

artikel ini juga memaparkan pertimbangan tentang bagaimana harusnya indonesia memperbaiki indikator pembangunannya. ada beberapa pilihan untuk dipertimbangkan, antara lain ; kapasitas institusional badan statistic dan kondisi social ekonomi yang ingin diperbaiki. beberapa persoalan nasional yang harus dipertimbangkan dalam kaitannya dengan indikator pembangunan, yaitu pendidikan, arah investasi kea rah penguatan ekonomi rakyat dan arah kegiatan ekonomi berdasarkan eksploitasi sumber alam.

0 comments:

Post a Comment