Kliping Koran : Tentang Sosial Budaya


kode kliping : A038
jenis kliping : artikel sosial budaya
judul : aku tak berpikir, maka aku ada
penulis : bre redana
sumber : kompas
tanggal terbit : minggu, 8 mei 2011

ringkasan isi artikel :

artikel ini memaparkan tentang orang yang kian malas berpikir, karena makin tersingkir oelh segala hal yang sifatnya praktis, teknis, bersifat seketika. dipaparkan juga perihal sisi lain dari keengganan keseriusan berpikir yang berakibat keterasingan pada proses. hanya ada jalan pintas, menuju ujung yang dikriteriakan dengan berbagai sebutan ; target, result dan sukses. karena kehidupan memang tak dipahami sebagai proses terus menerus sebagai upaya pemulian diri, maka diringkaslah yang disebut sukses secara sederhana.

kemudian dipaparkan dalam artikel ini tentang sejumlah orang yang memaklumkan gejala itu sebagai perubahan zaman. perubahan yang dikarenakan perkembangan teknologi, terutama teknologi informasi. nicholas carr dalam berbagai penelitian dalam bukunya the shallows mengatakan mengenai masyarakat masa kini ; dangkal. soal pendangkalan ini berjalan seiring proses komodifikasi terhadap segala macam hal, dari pengetahuan sampai spritualitas. telah lahir budaya kemasan, segala sesuatu dikemas, dibikin praktis, seperti obat mujarab. tak perlu lama-lama bergaul dengan proses. obat mujarab itu cespleng membawa orang segera sampai ke tujuan. cari cara uang yang cepat bagaimana, lalu cara belanja yang cerdas bagaimana, dan seterusnya.

dalam artikel ini juga dituliskan tentang teknologi yang akan mentransformasikan spesies manusia menjadi sesuatu yang tak bisa dikenal atau dibayangkan oleh manusia circa 2011. transformasi ini disebut sebagai singularity.

0 comments:

Post a Comment