Kliping Koran : Birokrasi Kekuasaan

Bisnis Online Untuk Gaji Double
Dapatkan Gaji Double Jutaan Rupiah
Join dBC Network
Sangat cocok utk Pegawai Kantoran
----------------------------------------------------------

kode kliping : A081
jenis kliping : artikel sosial politik
judul kliping : birokrasi kekuasaan, bisnis proyek, dan korupsi
penulis : musa asy’arie
sumber : kompas
tanggal terbit : 18 pebruari 2005

ringkasan isi artikel :

artikel ini memaparkan tentang sejarah kultural birokrasi di indonesia, yang didalam artikel ini dijelaskan birokrasi saat ini sebagai kelanjutan dan perpanjangan dari birokrasi pemerintahan penjajahan dan kerajaan-kerajaan nusantara yang dibangun berdasarkan orientasi kekuasaan. dipaparkan juga bahwa dalam birokrasi kekuasaan, posisi rakyat hanya sebagai pelengkap penderita karena hanya menumpang hidup saja dan menjadi objek kekuasaan, bukan subyek kekuasaan.

kemudian didalam artikel ini dituliskan bahwa semakin tinggi kekuasaan, semakin mahal pula harganya. karenanya disetiap pusat kekuasaan berkembang bisnis kekuasaan yang mengatur kegiatan bisnis rakyatnya. hubungan birokrasi kekuasaan dengan kalangan bisnis merupakan hubungan yang saling menunjang dan menghidupi.

dalam artikel ini juga dipaparkan bahwa birokrasi pemerintahan pascakemerdekaan seharusnya mengubah diirinya, bukan lagi menjadi birokrasi kekuasaan, tetapi birokrasi untuk pelayanan kepada rakyat. sekarang rakyat bukan lagii menjadi objek kekuasaan, tetapi subyek kekuasaan, karena rakyat telah memiilih presidennya secara langsung. akan tetapi birokrasi tampaknya belum sepenuhnya berubah, bahkan ada kecenderungan birokrasi kekuasaan akan mempertahankan dirinya demi kepentingan kekuasaan itu sendiri.

0 comments:

Post a Comment