Kliping Koran : Katakan Dengan Buku

Bisnis Online Untuk Gaji Double
Dapatkan Gaji Double Jutaan Rupiah
Join dBC Network
Sangat cocok utk Pegawai Kantoran
-------------------------------------------------------------


kode kliping : A087
jenis kliping : artikel sosial budaya
judul kliping : katakan dengan buku
penulis : am fatwa
sumber : kompas
tanggal terbit : 6 pebruari 2006

ringkasan isi kliping :

artikel ini memaparkan tentang buku sebagai tanda penghargaan dan keakraban dengan orang lain. dipaparkan juga dalam buku ini tentang sejarah buku, tradisi membaca dalam sejarah historis dan teologisnya. dituliskan dalam artikel ini bahwa para tokoh pendiri republik ini adalah sosok yang memiliki kegandrungan luar biasa terhadap buku, namun tradisii membaca itu tidak terwarisi dengan baik oleh pemimpin pemipin berikutnya.

kemudian dalam artikel ini dijelaskan juga bahwa rendahnya budaya membaca pada masa orde baru diakibatkan oleh kebijakan politik pembangunan yang membatasi ruang kebebasan untuk membaca, hal itu menyebabkan seperti bangunan tanpa akar. dijelaskan pula bahwa adanya kompleksitas persoalan yang menyelimuti bangsa indonesia. rendahnya kualitas hidup bangsa indonesia salah satunya karena pengetahuan masyarakat masih rendah. pengetahuan masyarakat masiih rendah ini karena budaya membaca masyarakat masih rendah.

didalam artikel ini juga dituliskan bahwa membangun budaya baca bukan sekedar menyediakan ruang baca, tetapi juga membangun pemikiran, perilaku, dan budaya darii generasi yang tidak suka membaca menjadi generasi suka membaca.

0 comments:

Post a Comment