Kliping Sosial Politik : Negara Gagal dan Ancamannya


kode kliping : A029
jenis kliping : artikel sosial politik
judul : negara gagal dan ancamannya
penulis : kiki syahnakri
sumber : kompas
tanggal terbit : kamis, 23 juni 2011

ringkasan isi artikel :

artikel ini memaparkan tentang negara indonesia yang terancam gagal, bangkrut dalam mencapai tujuan nasionalnya dan potensial untuk tergiring ke jurang disintegrasi. kemudian artikel ini juga memaparkan bagaimana dan dari mana ancaman kebangrutan itu terjadi dan berasal serta bagaimana cara mengatasinya.

didalam artikel ini juga dituliskan perihal wajah penjajah yang bermetamorfosis menjadi lebih canggih. dengan cara halus melalui kekuatan finansial yang dioperasikan oleh perusahaan multinasional, mereka melakukan penjajahan ekonomi melalui penguasaan sumber daya alam. model penjajahan baru atau neokolonialisme, istilah bung kartno itukah yang menjadi ancaman kontemporer bagi bangsa indonesia sehingga terancam kebangkrutan. model penjajahan dengan penggunaan perang ekonomi, perang persepsi—termasuk dalam perang generasi keempat—kini sedang terjadi.

kemudian, dalam artikel ini juga dituliskan tentang ancaman selain neokolonialisme, yaitu korupsi, mewabahnya sikap pragmatisme, dan feodalisme. untuk mengatasi ancaman tersebut memang cukup berat. tiada jalan lain kecuali dengan membenahi kembali sistem ketatanegaraan dan pemerintahan yang konsisten mengacu kepada pancasila serta jiwa dan semangat pembukaan UUD 1945.

0 comments:

Post a Comment