Kliping Koran : Absurditas Intelektual


kode kliping : A041
jenis kliping : artikel sosial politik
judul : absurditas intelektual
penulis : yasraf amir piliang
sumber : kompas
tanggal terbit : kamis, 26 mei 2005

ringkasan isi artikel :

artikel ini memaparkan tentang dunia akademis dan intelektual yang secara semantik mempunyai konotasi sebagai sebuah ruang yang didalamnya dikembangkan nilai-nilai obyektifitas, kejujuran, kepercayaan, kebenaran dan moralitas akademis. kasus penangkapan mulyana w kusumah dan nazaruddin syamsuddin dalam kasus korupsi kpu (2005) dipaparkan dalam artikel ini sebagai suatu yang tidak masuk akal, seakan “bodoh” tanpa pertimbangan akal sehat dan perhitungan rasionalitas, sehingga menciptakan semacam absurditas intelektual.

didalam artikel ini juga dipaparkan tentang faktor dibalik tindakan korupsi para akademisi dan intelektual itu, salah satunya adalah faktor lingkungan sosial. juga dipaparkan tentang habitus dunia akademis, modal intelektual, diskontinuitas intelektual, tragedi intelektual dan ekses-intellectualis ironia.

kemudian dalam artikel ini dituliskan bahwa penangkapan akademisi dan intelektual dalam kasus korupsi di kpu dijadikan pelajaran bagi kaum akademikus dan intelektual sendiri. diperlukan sebuah refleksi, bahwa nilai-nilai akademis dan intelektualitas itu adalah harga mati. kekuatan intelektual, kultural dan simbolik yang dimiliki selalu dijaga keutuhan dan integritasnya.

0 comments:

Post a Comment