Kliping Koran : Tentang Sosial Ekonomi


kode kliping : A037
jenis kliping : artikel sosial ekonomi
judul : bank asing dan peranan bi
penulis : zaenal abidin
sumber : kompas
tanggal terbit : senin, 20 juni 2011

ringkasan isi artikel :

artikel ini memaparkan tentang porsi asing yang dominasi kepemilikan asing pada sektor perbankan. dipaparkan dalam artikel ini mengenai dua mazhab utama yang perlu diketahui terkait kepemilikan asing untuk sektor ekonomi, yaitu aliran kepemilikan dan aliran manfaat, kemudian dipaprkan juga tentang awal mula mengapa bank asing kini sangat dominan.

didalam artikel ini juga dituliskan pembagian bank asing menurut bank indonesia, yaitu, sebagai kantor cabang, sebagai anak perusahaan, dan sebagai kantor perwakilan. dari data bank indonesia komposisi kepemilikan bank asing yang sebelum krisis 1998 kurang dari 10 persen dari total aset, kini sudah mencapai 50 persen. jumlah bank yang dikuasai investor asing mencapai 47 bank dari total 121 bank umum yang ada.

kemudian dalam artikel ini dituliskan perihal mengapa porsi kepemilikan bank asing di indonesia meningkat, karena keuantungan yang diraih sangat tinggi, tertinggi di asean. dari hasil penelitian bi tahun 2004, diketahui bank asing cenderung mencari keuntungan dengan melalui fee based income dibandingkan lewat penyaluran kredit sehingga kurang berperan dalam pertumbuhan ekonomi. kenaikan porsi 50 persen belum terbukti meningkatkan kinerja bank domestik dan pertumbuhan ekonomi secara umum.

0 comments:

Post a Comment