Kliping Koran : Masyarakat Beresiko Tinggi


kode kliping : A074
jenis kliping : artikel sosial budaya
judul kliping : masyarakat beresiko tinggi
penulis : yasraf amir piliang
sumber : kompas
tanggal terbit : 13 maret 2006

ringkasan isi kliping :

artikel ini memaparkan bahwa kini ancaman kini ada dimana-mana, resiko kini muncul dari mana-mana, seakan tidak ada lagi ruang kehidupan yang terbebas dari efek ancamannya. efek ketakutan akibat resiko itu kini justru berlapis-lapis, berlipat ganda, yang menggiring masyarakat bangsa ke arah masyarakat berisiko tinggi terhadap kerusakan fisik, psikis, dan sosial—high risk society.

kemudian didalam artikel ini juga dipaparkan bahwa resiko mempunyai hubungan erat dengan sistem, model, dan proses perubahan di dalam sebuah masyarakat (industrialisasi, modernisasi, pembangunan), yang akan menentukan tingkat resiko yang akan dihadapi oleh masyarakat. ada tiga kondisi yang membentuk aneka resiko itu, yaitu ; pertama, resiko itu “diproduksi” didalam sistem sosial. kedua, besarnya resiko merupakan fungsi langsung dari kualitas relasi dan proses sosial. ketiga, resiko tinggi disebabkan oleh ketergantungan besar masyarakat terkena resiko pada institusi dan aktor-aktor sosial yang justru asing, jauh atau tak tersentuh oleh mereka.

didalam artikel ini juga dituliskan tentang buruknya kualitas tiga bangunan sosial—sistem, proses dan relasi sosial—telah menggiring masyarakat bangsa ke arah tiga “ekologi resiko” yaitu resiko fisik ekologis, resiko sosial, dan resiko mental.

--------------------------------------
Bisnis Online Untuk Gaji Double
Dapatkan Gaji Double Jutaan Rupiah
Join dBC Network
Sangat cocok utk Pegawai Kantoran

0 comments:

Post a Comment