Kliping Koran : Politico in Absurdum

Bisnis Online Untuk Gaji Double
Dapatkan Gaji Double Jutaan Rupiah
Join dBC Network.
Sangat cocok utk Pegawai Kantoran
-----------------------------------------------------------


kode kliping : A059
jenis kliping : artikel sosial politik
judul : “politico in absurdum”!
penulis : donny gahral adian
sumber : kompas
tanggal terbit : rabu, 15 juni 2005

ringkasan isi artikel :

politik itu absurd. Orang-orang kecil selalu diperlakukannya bak debu : halus dan tak teraba. contoh kasus adalah supriono, karena kemiskinan ia tak mau menyelamatkan anaknya. meminjam refleksi sosiolog pierre bourdieu, kasus supriono bukan komoditas semiotik yang laku dipasar bahasa politik dewasa ini, karena bagi politisi kemiskinan sekedar data tak bernyawa.

Politik semestinya melampaui yang ekonomi. sebagai bentuk tindakan, ia lepas dari konstrain ekonomi. namun, berpijak pada kasus supriono, prinsip-prinsip ekonomi justru bekerja secara sempurna di dalam raga politik. alih alih membela yang miskin, para politisi menghabiskan masa jabatannya guna menumpuk berbagai modal simbolik.

Demokrasi memang memberi batasan politis bagi kekuasaan. Namun, kekuasaan bukan sekedar membatasi atau dibatasi.

namun, kehidupan negara tidak sekedar memdistribusikan kekuasaan. Negara juga mengurusi masalah keamanan termasuk didalamnya masalah konflik kekerasan. masalah keamanan biasanya mengindikasikan adanya konsep negara lemah dan merupakan bagian integral dari konsep negara gagal.

salah satu pertanyaan yang mendasar kemudian adalah sebagai negara demokratis, Indonesia sangat mengecewakan dalam hal kemampuan Negara menangani masalah keamanan. salah satu sebabnya adalah ketidakmampuan untuk menarik garis batas yang jelas antara masalah politik dan masalah keamanan.

oleh karena itu, tantangan utama Indonesia adalah bagaimana menarik keseimbangan antara dua fenomena ekstrem : politik sebagai panglima dan keamanan sebagai panglima

0 comments:

Post a Comment