Kliping Koran : Depancasilaisasi


kode kliping : A100
jenis kliping : artikel sosial budaya
judul kliping : depancasilaisasi
penulis : moh yasir alimi
sumber : kompas
tanggal terbit : 11 maret 2006

ringkasan isi kliping :

kliping artikel ini memaparkan tentang mulai ditinggalkannya pancasila dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan saat ini, baik disadari atau tidak. pancasila adalah dasar dan falsafah negara sebagai solusi cerdas yang ditawarkan pendiri bangsa untuk mengatasi keragaman dan berbagai masalah dasar yang bisa timbul karenanya sehingga mengancam persatuan bangsa.

kemudian didalam artikel ini dituliskan empat masalah dasar yang dijembatani pancasila ; pertama, ketegangan yang terjadi akibat keragaman agama, budaya, etnik, norma sosial, dan bahasa. kedua, soal relasi mayoritas dan minoritas. ketiga, soal posisi agama dan tuhan dalam negara bangsa. keempat, soal relasi agama dan adat istiadat yang menjadi identitas bangsa. juga dituliskan dalam artikel ini bahwa pancasila adalah tataran bersama sekaligus rasionalitas publik dimana keragaman poros agama, adat dan norma sosial bertemu.

dalam artikel ini juga dijelaskan juga tentang ukuran depancasilaisasi atau tidak suatu perundang-undangan yang dilihat empat hal, yaitu : bagaiman menempatkan mayoritas – minoritas. bagaimana menempatkan keragaman budaya, agama dan adat istiadat. bagaimana menempatkan agama dan tuhan dalam nation state. bagaimana menempatkan agama/tuhan dibandingkan dengan adat istiadat.

-----------------------------------------------------------------
Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan
www.dbc-network.com
-----------------------------------------------------------------

0 comments:

Post a Comment