Kliping Koran : Pemimpin Panutan


kode kliping : A083
jenis kliping : artikel sosial politik
judul kliping : pemimpin panutan atau pemimpin demokratis
penulis : ignas kleden
sumber : kompas
tanggal terbit : 6 juni 2007

ringkasan isi kliping :

artikel ini memaparkan tentang masih adanya harapan akan pemimpin panutan diitengah retorika politik saat ini. artikel ini juga memaparkan tentang kita yang tak menyadari sering memperlakukan seseorang sebagai pemimpin panutan dan dijelaskan pula muasal paham tentang pemimpin panutan yang berasal dari masa aristokrasi, yaitu ketika hubungan patron klien merupakan pola utama yang mengatur hubungan sosial. pada masa ini dipercaya bahwa status sosial yang lebih tinggi membawa serta kewajiban yang lebih banyak dalam memberikan teladan hidup.

kemudian dituliskan didalam artikel ini bahwa paham tersebut kemudian secara radikal diubah didalam sistem demokrasi yang bertolak dari ide utama tentang persamaan setiap orang. aspek persamaan yang sering diitekankan dalam diskusi politik adalah persamaan didalam hukum meski dalam status sosial berbeda. kemudian dijelaskan dalam artikel ini bahwa secara implisit, demokrasi mengandaikan adanya semacam persamaan dalam moralitas di antara semua orang tetapi dalam formula negatif.

didalam artikel ini juga dijelaskan pula bahwa dalam demokrasi tidak diharapkan bahwa seorang pemimpin politik haruslah seorang panutan, karena itu pemimpin yang baik dalam sistem demokrasi bukanlah pemimpin panutan. secara demokratis pemimpin yang baik hanya perlu tunduk pada pengawasan publik, baik pada hukum yang berlaku, maupun kontrol sosial oleh warga.

--------------------------------------------------
Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan

0 comments:

Post a Comment