Kliping Sosial Politik : Ketimpangan, Negara Dan Sadikin

Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network.

Sangat cocok utk semua kalangan

-------------------------------------------------------------------



 kode kliping    : A012
jenis kliping     : artikel sosial politik
judul                : ketimpangan, negara dan sadikin
penulis             : kacung marijan
sumber             : kompas
tanggal terbit   : rabu, 13 oktober 2010

ringkasan isi artikel     :

artikel ini memaparkan tentang ketimpangan sosial dalam hal kepemilikan aset yang sangat tinggi dan ketimpangan tingkat kesejahteraan. ketidaksinkronan antara data kepemilikan aset dan data kemiskinan bisa dipahami karena adanya perbedaan definisi kemiskinan yang dipakai. ada tiga kategori data yang berkaitan dengan kemiskinan ; sangat miskin, miskin dan hampir miskin.

angka kemiskinan lebih mengacu pada kategori yang pertama dan yang kedua. sedangkan kategori yang ketiga, acapkali tidak disinggung meskipun jumlahnya tidak sedikit. padahal justru kategori yang ketiga ini sangat rentan masuk ke kategori miskin dan tidak jarang melorot ke sangat miskin. oleh karena itu, kelompok ini juga disebut “sadikin” sakit sedikit menjadi miskin.

agar masalah ketimpangan aset-aset itu tidak terlalu tajam dan tidak menimbulkan efek samping, negara atau daerah perlu membuat kebijakan yang memungkinkan terjadinya pengurangan ketimpangan dan memperkecil efek sampingnya. ada beberapa hal yang bisa dijadikan titik tolak dari kebijakan tersebut, yaitu pertama, hal-hal yang berkaitan dengan tanah. kedua, berkaitan dengan ijin pengelolaan hutan dan pertambangan. ketiga, yang berkaitan dengan pengaturan relasi berusaha

0 comments:

Post a Comment