Kliping Koran : Medan Magnet Politik


kode kliping : A053
jenis kliping : artikel sosial politik
judul : medan magnet politik
penulis : yasraf amir piliang
sumber : kompas
tanggal terbit : rabu, 25 mei 2011

ringkasan isi artikel :

artikel ini memaparkan tentang pertarungan ideologi yang kini tidak hanya melibatkan partai politik, tetapi juga kelompok non partai, termasuk yang apolitis. medan magnet parpol kini diganggu medan-medan kekuatan non partai. kemudian dituliskan juga tentang pendapatnya louis althusser dalam essay on ideology tentang ideologi negara atau partai yang memanggil dan merekrut individu jadi subyek layaknya magnet.

kemudian dalam artikel ini juga dituliskan bahwa ranah politik adalah medan pertarungan antara partai politik merebut posisi dan kekuasaan. tugas politik adalah mengisi celah dan kekosongan yang ditinggalkan penanda kosong yaitu pertarungan hegemoni dalam memenangkan ide, pandangan atau keyakinan politik dan klaim universalitas kebenarannya.

dalam artikel ini juga dipaparkan mengenai batas antara yang politik dan apolitis dalam abad informasi dan keterbukaan tengah didekonstruksi. yang politik kini melingkupi setiap perjuangan dari yang bersifat sosial (minoritas, etnisitas, lingkungan, nuklir, subkultur) sampai pribadi (jender, seksual, tubuh). perjuangan politik kini ditansformaiskan ke dalam perjuangan bagi pengakuan identitas, baik identitas sosial, kultural maupun keagamaan.

0 comments:

Post a Comment