Kliping Koran : Membedakan Politik Dari Drama

Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan
www.dbc-network.com
-----------------------------------------------------------------


kode kliping : B004
jenis kliping : artikel sosial politik
judul : membedakan drama dari politik
penulis : boni hargens
sumber : kompas
tanggal terbit : 20 maret 2007

ringkasan isi kliping :

kliping artikel ini memaparkan tentang modernitas yang menjebak manusia pada kenisbian yang memposisikan postulat kebenaran sebagai relatif. didalamnya subyektifitas menentukan signifikasi. maka, agama sebagai patokan moral kehilangan legitimasi, posisinya digantikan ilmu pengetahuan yang mendasarkan kebenaran pada rasionalitas. didalam artikel ini juga dipaparkan bahwa keluhuran demokrasi pun relatif. apalagi ia mengandung paradoks yang tidak sekedar menisbikan keyakinan “akhir sejarah” penganut endisme seperti fukuyama, juga merapuhkan harapan manusia modern.

kemudian didalam artikel ini dijelaskan tentang demokrasi di negara berkembang seperti indonesia, demokrasi tak mengubah kemiskinan menjadi kehidupan yang gemah ripah loh jenawi. tidak jarang pendekatan antidemokratik diterapkan demi ambisi politik. pemerintah yang dipilih (langsung) sering merasa paling berkuasa dari rakyat yang punya kedaulatan. pemerintah lalu berproses secara monolitik.

didalam artikel ini juga dituliskan bahwa persoalan bangsa tak diselesaikan dengan pola drama ataiu ibadah. butuh kerja keras yang tidak hanya atas dasar statistik. politik adalah kerja nyata yang memerlukan proses komprehensif, mengandaikan ada kontigensi terhadap keterlibatan publik, dan mengandung ketekunan yang ditakar dalam syarat material.

0 comments:

Post a Comment