Kliping Sosial Politik : Siapakah Rulling Elite Indonesia ?


kode kliping : A024
jenis kliping : artikel sosial politik
judul : siapakah “rulling elite” indonesia ?
penulis : anies bawswedan
sumber : kompas
tanggal terbit : selasa, 31 oktober 2006

ringkasan isi artikel :

artikel ini memaparkan tentang pola umum formasi elit (politik) di indonesia dalam kurun waktu 100 tahun terakhir dengan menggunakan metode kerangka analisis path dependence (historical instutionalism). tesis yang diangkat dalam artikel ini adalah pembentukan rulling elite ditentukan oleh : perekrutan anak-anak muda dan tren utama bangsa.

kemudian dalam artikel ini dipaparkan juga tentang jalur formasi elite dan tren baru di indonesia pada abad ke 19, yaitu aristokrasi. berdirinya sekolah memunculkan elit yang tidak hanya berdasarkan keturunan dan kepangkatan tetapi juga berdasarkan tingkat pendidikan. pada zaman penjajahan jepang dan perang dunia ketiga, terbentuk setting mempertahankan kemerdekaan melalui kekuatan militer. elit politik dan tren utama masa ini didominasi dari militer. dan pada dekade 1960-an terjadi ledakan jumlah mahasiswa. gerakan mahasiswa tumbuh, menguat dan mengait dengan dunia politik. kemudian menjamur pula organisasi kepemudaan menjadi saluran mantan aktivis mahasiswa meneruskan aktivisme-nya. sesudah tumbang-nya rezim soeharto, para mahasiswa mantan aktivis inilah yang kini menjadi motor parpol, aktor-aktor dominan di indonesia.

didalam artikel ini juga dipaparkan “jawaban” dari pertanyaan : siapakah yang akan menjadi rulling elite selanjutnya ? bila melihat tren utama bangsa saat ini, kegiatan yang paling dominan mewarnai kehidupan bangsa saat ini adalah kegiatan ekonomi. pada saat yang tepat, generasi muda di dunia bisnis akan masuk dan turut mendominasi kekuasaan politik di indonesia.

0 comments:

Post a Comment