Kliping Koran : Berpacu Dengan Waktu


kode kliping : A085
jenis kliping : artikel sosial politik
judul kliping : berpacu dengan waktu
penulis : tamrin amal tomagola
sumber : kompas
tanggal terbit : 29 januari 2007

ringkasan isi kliping :

artikel ini memaparkan tentang beberapa kecenderungan menarik yang muncul dari pencermatan secara transedental hubungan secara bangsa dengan kiprah para pemimpin yang pernah ada. dipaparkan dalam artikel ini hal tersebut antara lain ;
pertama, sejauh ini estafet kepemimpinan bangsa belum mampu menepati ikrar cinta yang setiap kali dilantunkan dalam lagu kebangsaan ; disanalah aku berdiri, jadi pandu ibuiku…bangunlah jiwanya, bangunlah badannya….
kedua, biografi para pemimpin nasional lebih mencuat kepermukaan daripada biografi pemimpin lokal.
ketiga, seperti di bagian dunia lainnya, kiprah para pemimpin laki-laki mengambil hampir 95 persen halaman buku sejarah bila dibanding sepak terjang para kartini.
keempat, diatas panggung sejarah nasional, paliing tidak tercatat tiga generasi pemimpin yang telah berkiprah, yaitu generasi perintis nasional, generasi pejuang nasional dan generasi machiavelis.

kemudian dalam artikel ini dituliskan juga tiga indikator utama seseorang yang memiliki kearifan sejarah, yaitu ; mampu mengantisipasi arah arus sejarah, mampu membaca lalu menangkap peluang-peluang terobosan sejarah yang tiba-tiba tersaji serta tahu diri kapan saat yang tepat untuk turun gunung.

-----------------------------------------
Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan

0 comments:

Post a Comment