Kliping Sosial Ekonomi : Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network.
Sangat cocok utk Semua Kalangan
-------------------------------------------------------------


kode kliping      : A016
jenis kliping       : artikel sosial ekonomi
judul                 : mencerdaskan kehidupan bangsa
penulis              : sri-edi swasono
sumber             : kompas
tanggal terbit     : selasa, 16 agustus 2005

ringkasan isi artikel :

artikel ini memaparkan tentang mohammad hatta yang oleh jakob oetama disebut telah lama menjadi the third way­-nya anthony giddens. di awal orde baru (1967) hatta menegaskan ulang the third way-nya dengan istilah sistem ekonomi pasar berkesejahteraan sosial sebagai the end of laissez-faire. cita-cita ini telah mendahului dan menembus masa. saat ini mengejar pertumbuhan ekonomi masih merupakan pemikiran mainstream. menjuruskan mindset ini ke arah cita-cita populis yang mengutamakan kesejahteraan dan keadilan sosial masih merupakan tantangan budaya yang tidak ringan.

kemudian dalam artikel ini juga dipaparkan tentang pendapat amartya sen mengenai definisi pembangunan dan arti pembangunan menurut chakra varty serta pendekatan pembangunan hatta, yaitu partisipatori-emansipatori ekonomi dengan istilah demokrasi ekonomi.

dalam artikel ini juga dituliskan bahwa rakyat kita saat ini lebih banyak menerima ajaran untuk membeli dan mengkonsumsi belaka. hanya sedikit memperoleh ajaran tentang  produksi dan berproduksi. rakyat tidak memperoleh pemberdayaan yang memadai guna meningkatkan modal sosialnya.

0 comments:

Post a Comment