kliping koran kekuasaan media dan “citra” politik

ketika hendak memejamkan mata—berlayar ke pulau kapuk—he…he… saya review sedikit apa yang telah / sudah lakukan hari ini. Ternyata ada dua hal yang tidak sempat lakukan hari ini, pertama membaca surat kabar. dan yang kedua adalah membuat kliping. Kebetulan ada tiga hari surat kabar yang terbit (selasa, rabu, kamis) yang belum saya baca. Mata yang sudah “lima watt” saya paksa untuk melek membaca surat kabar lalu membuat kliping…

ada satu berita atau opini… saya kurang bisa mendefinisikan “kelamin” dari tulisan tersebut yang dimuat di halaman 5…di lajur kolom kanan bawah… tapi, jujur tulisan tersebut saya menarik buat saya, menurut saya mantap juga kalau dijadikan kliping, karena tulisan tersebut bisa dijadikan referensi atau bahan mentah yang kapan-kapan bisa dengan mentah-mentah saya tiru ketika saya membuat tulisan…he..he…


sesuai dengan judul postingan yang saya tulis, begitulah kurang lebih isi dari kliping tersebut. Berikut beberapa “isi” dari kliping itu :

Pertama,
media, terutama di negara demokrasi, memiliki “kekuasaan” dalam membentuk citra politik dan opini publik

Kedua,
opini publik si Negara demokrasi merupakan kekuatan politik yang sering disebut sebagai “kekuatan keempat sesudah legislatif, eksekutif dan yudikatif).

Ketiga,
Berkat dukungan teknologi , media memiliki kekuasaan besar, memiliki daya jangkau luas dan menyebarkan berita serta opini politik. Media juga mampu melipatgandakan pesan politik dalam jumlah besar. Hal lain adalah bahwa media mampu melipatgandakanpesan politik dalam jumlah besar dan mampu mengbangkitkan wacana public.

Keempat,
Teori agenda setting yang diperkenalkan oleh Maxwell Mc Combo’s and Donald shaw kian menegaskan peranan besar media dalam dunia politik.

Kelima,
Media memiliki kekuatan merumuskan kembali realitas yang ada menjadi kemasan sesuai dengan pola media.

Keenam,
Dengan kekuasaan yang dimiliki media, setiap kelompok kepentingan, seperti pemerintah, kekuatan politik atau pengusaha berupaya untuk menguasai dan mengendalikannya


-------------------------------------------------
kode kliping : F003
jenis kliping : artikel kliping sosial politik
judul : citra politik : perebutan kuasa media
penulis : ato - kompas
sumber : kompas
tanggal terbit : 8 maret 2012

0 comments:

Post a Comment