kliping Koran : kebangkitan mobil nasional

alhamdulillah bisa menulis postingan lagi, sebuah langkah untuk bisa menjaga konsistensi untuk terus rutin membuat postingan. untuk postingan kali ini, saya menuliskan kliping koran dari opini yang dimuat di surat kabar kompas (06/02/2012). judul dari opini tersebut adalah : kebangkitan mobil nasional ? ditulis oleh mudrajad kuncoro, guru besar ilmu ekonomi feb ugm. isi dari opini tersebut berkaitan dengan masalah sosial ekonomi, yaitu tentang kehadiran mobil esemka yang bisa dijadikan sebagai momentum dari kebangkitan industri otomotif atau mobil nasional di tanah air.


point penting dari opini ini yang menurut saya menarik adalah tentang 4 hal yang perlu dilakukan agar mobnas laku dipasaran dan jadi tuan di negeri sendiri. 4 hal tersebut adalah :
pertama, perlunya komitmen penuh dan perencanaan jangka panjang dari pemerintah.
kedua, mendorong kemitraan strategis dengan para pemain global dalam pengembangan mobnas.
ketiga, mengembangkan mobnas tidak hanya sekedar prototype, desain dan produksi mobil yang aman bgi konsumen dan ramah lingkungan, tetapi juga harus lulus berbagai uji sebelum di produksi masal.
keempat, mengembangkan industry terkait pendukung dengan aliansi antara pemerintah, industriawan, investor dan peneliti.

-------------------------------------------------
kode kliping : F002
jenis kliping : artikel kliping sosial ekonomi
judul : kebangkitan mobil nasional
penulis : mudrajad kuncoro
sumber : kompas
tanggal terbit : 6 pebruari 2012

sebagai pelengkap saya tambahkan penampakan dari mobil esemka yang saya dapatkan dari google :



0 comments:

Post a Comment