Kliping Koran : Ramadhan dan Religiositas Masyarakat Konsumer

Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan
www.dbc-network.com
-----------------------------------------------------------------


kode kliping : B050
jenis kliping : artikel kliping sosial budaya
judul : ramadhan dan religiositas masyarakat konsumer
penulis : rahmat hidayatullah
sumber : kompas
tanggal terbit : 4 agustus 2011

ringkasan isi kliping :

kliping artikel ini memaparkan tentang fenomena “mendadak masuk islam” artefak-artefak budaya populer dan situs-situs budaya konsumer di indonesia. dipaparkan dalam artikel ini terjadinya perkawinan antara elemen-elemen kebudayaan barat dan simbol-simbol keislaman. fenomena ini mendemonstrasikan sebuah ritual perkawinan yang aneh dan membingungkan sehingga memaksa kita untuk bertanya, ada apa dengan ramadhan abad ini.

kemudian dituliskan dalam artikel ini ; sejarah kontemporer di era globalisasi dibentuk secara signifikan oleh mesin dan teknologi baru industri kapitalisme. dizaman ini logika komoditas telah menjadi logika umum yang tidak hanya mendikte, proses-proses kerja dan produk-produk material, tetapi juga mentransformasikan bentuk-bentuk dan praktek-praktek kebudayaan, agama serta masyarakat. agama tidakl agi menjadi sumber nilai dalam membentuk gaya hidup, tetapi telah menjadi instrumen gaya hidup itu sendiri. agama telah berubah menjadi produk yang dikonsumsi dalam rangka identifikasi diri. kecenderungan ini merepresentasikan proses komodifikasi agama yang melibatkan manipulasi tanda. al hasil yang dikonsumsi manusia bukan lagi makna agama, melainkan simbol-simbol agama.

0 comments:

Post a Comment