KLIPING SOSIAL POLITIK


------------------------------------------------

Bisnis Untuk Anak Muda

Dapatkan uang saku jutaan / bln
Jadilah Anak Muda yang Kaya
Gabung Sekarang!
----------------------------------------



kode  kliping   : A007
jenis kliping     : artikel politik
judul                : kinerja dan perombakan
penulis             : eko prasojo
sumber             : kompas
tanggal terbit   : rabu, 13 oktober 2011

ringkasan isi artikel     :

artikel ini memaparkan tentang dampak perombakan kabinet bagi pemerintahan. tuntutan kinerja atas seorang menteri, sebenarnya wajar sebab presiden bertanggung jawab membuktikan kepada masyarakat janji saat kampanye. persoalannya adalah kinerja menteri tak berada dalam ruang vakum. menteri adalah pejabat politik yang bekerja dengan birokrasi pemerintahan. tiga masalah pasti dihadapi seroang menteri untuk mencapai kinerja yang ditetapkan. pertama, kondisi internal birokrasi kementerian yang buruk. kedua, keberhasilan kinerja seorang menteri adalah fungsi dari kolaborasi semua kementerian dalam kabinet. ketiga, kinerja menteri adalah corak system pemerintahan desantralistik yang dianut indonesia.

artikel ini juga memaparkan bahwa corak pemerintahan yang desentralistik saat ini menyulitkan menteri menjamin terlaksananya rencana dan program pemerintah pusat di daerah. ada tiga alasan. pertama, penyerahan urusan yang sangat besar kepada daerah dan pemilihan langsung kepala daerah telah menguatkan pembangkangan daerah terhadap program pemerintah pusat di daerah. kedua, sistem desentralistik telah menyebabkan menteri tidak lagi punya garis komando tegas dari pusat, propinsi sampai kabupaten/kota. ketiga, lemahnya pengawasan pusat terhadap penyelenggaraan urusan pemerintah di daerah.

kemudian hal lain yang dipaparkan dalam artikel ini adalah perombakan kabinet harus dengan esensi sesungguhnya, tak boleh hanya semata dalam kerangka politik pencitraan dan perubahan koalisi pemerintahan. karena itu perombakan kabinet harus memperhatikan tak saja kondisi internal birokrasi kementerian dan corak sistem desentralistik, tetapi juga stabilitas pemerintahan.

--------------------------------------

Dapatkan Gaji Double Jutaan Rupiah
Sangat cocok utk Pegawai Kantoran
--------------------------------------

0 comments:

Post a Comment