Kliping Sosial Politik : Perangkap Hiperialitas Kampanye
kode kliping : A022
jenis kliping : artikel sosial politik
judul : perangkap hiperialitas kampanye
penulis : toto suparto
sumber : kompas
tanggal terbit : kamis, 18 juni 2009
ringkasan isi artikel :
artikel ini memaparkan tentang istilah hiperrealitas yang dikenalkan oleh jean buadrillard dan umberto eco dan pembahasannya dalam konteks kampanye pilpres. hiperrealitas didahului oleh simulasi. apa yang direproduksi dalam dunia hiperrealitas tidak saja realitas yang hilang, tetapi dunia tak nyata, fantasi, mimpi, ilusi, muapun halunisasi. dalam konteks kampanye pilpres, para capres dan cawapres secara sadar menciptakan dunia hiperrealitas guna memerangkap calon pemilih.
kemudian artikel ini memaparkan tentang “topeng” yang dipakai elit politik untuk memutarbalikkan realitas dengan citra, membuat kepalsuan yang nyata dan dilakukanlah simulasi. ditulis juga dalam artikel ini bahwa mesin politik kadang “menjerumuskan” kandidat capres / cawapres kepada politik citra, kemudian yang terjadi adalah karekter asli menjadi palsu akibat politik citra tersebut.
0 comments:
Post a Comment