Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan
www.dbc-network.com
----------------------------------------------------
kode kliping : A003
jenis kliping : artikel sosial budaya
judul kliping : kyoiku mama
penulis : daoed yoesoef
sumber : kompas
tanggal terbit : sabtu, 7 juli 2007
ringkasan isi kliping :
unsur kunci dibalik kehebatan jepang sebagai salah satu raksasa ekonomi dunia adalah adanya peran kyoiku mama atau education mama dalam mendidik anak.
isi :
dalam artikel ini, daoed yoesoef, memaparkan kesaksian dari Tony Dickensheets, seorang pendidik dari Virginia, Amerika Serikat yang pada tahun 1996 pernah beberapa bulan menetap di jepang. bahwa unsur kunci dibalik economic miracle negeri sakura adalah peran kyoiku mama, yang menurut Toni Dickensheets adalah “a purely Japanese phenomenon”.
menurut daoed yoesoef, peran kyoiku mama ini terlihat dari ketika para suami bekerja, para istri bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak. lebih jauh pengaruh peran kyoiku mama ini dapat dilihat pada jalannya pendidikan nasional dan stabilitas sosial, dua hal yang penting bagi keberhasilan ekonomi suatu bangsa.
daoed yoesoef juga menuturkan pengalaman ketika diundang datang ke jepang melihat berbagai lembaga pendidikan dasar, menengah, dan tinggi jepang. daoed yoesoef menyatakan kagum melihat kebersihan ruang laboratarium di sekolah umum dan bengkel praktek di sekolah kejuruan teknik. semua murid membuka sepatu sebelum memasuki ruangan dan menggantinya dengan sandal jepit yang sudah tersedia di rak dekat pintu. kedisiplinan murid itu ternyata seperti yang ditanyakan oleh daoed yoesoef kepada guru yang mengajar disekolah tersebut ternyata bukan karena peran guru tapi peran kyoiku mama yang mengajar anak-anak untuk disiplin.
kliping sosial budaya : kyoiku mama
Posted by
share kliping
on Thursday, February 17, 2011
/
Labels:
artikel,
daoed yoesoef,
disiplin murid,
economic miracle,
kliping,
kyoiku mama,
pendidikan anak,
sosial budaya
0 comments:
Post a Comment