kliping di hari pahlawan....


pemerintah menganugerahkan tujuh gelar pahlawan nasional jelang peringatan hari pahlawan tahun 2011, berdasarkan keppres nomor 113/tk/tahun 2011 tanggal 7 nopember.

ketujuh pahlawan baru itu adalah :

mr. syafruddin prawiranegara (pejuang jawa barat)
dr. kh. ideham chalid (kalsel)
buya hamka (sumbar)
ki sarmidi mangunsarkoro (jogyakarta)
i gusti ketut puja (bali)
sri susuhunan pakubuwono x (jateng)
ij kasimo (jogyakarta)

-----------------------------------------------------
kode kliping : E028
jenis kliping : artikel kliping sosial budaya
judul : idham chalid pahlawan nasional
penulis : radar banjarmasin
sumber : radar banjarmasin
tanggal terbit : 9 nopember 2011

kliping surat kabat hari ini… pertumbuhan ekonomi

tertarik dengan headline surat kabar kompas hari ini (9/11/2011) yang memuat berita tentang kualitas pertumbuhan ekonomi dan peringkat indeks pembangunan indonesia (ipm)... saya tertarik untuk meng-kliping berita tersebut, berita ini bisa dijadikan referensi dikemudian hari untuk bahan tulisan.


berikut ringkasan singkat dari kliping berita ini :

pertama, kondisi pertumbuhan ekonomi indonesia hingga triwulan iii-2011 mencapai 6,5 persen. namun ternyata, pertumbuhan ini tidak sejalan dengan kualitas hidup manusia. berdasarkan indeks pembangunan manusia 2011 yang dirilis program pembangunan perserikatan bangsa-bangsa (undp) pada 2 november 2011, memperlihatkan peringkat indonesia merosot dari posisi ke-108 menjadi ke-124. indikator ipm mencakup akses pada kesehatan, pendidikan, dan pendapatan.

kedua, peningkatan pendapatan per kapita harusnya sejalan dengan meningkatnya kualitas hidup manusia. kualitas itu menyangkut akses bagi anak perempuan dan laki-laki terhadap pendidikan dan lapangan pekerjaan setelah lulus, kesehatan masyarakat, lingkungan yang bersih, pengobatan, keamanan, martabat, partisipasi rakyat dan program antikorupsi, serta memerangi kepentingan segelintir elite ekonomi yang memengaruhi kebijakan, regulasi, dan hukum negara.

ketiga, pertumbuhan ekonomi disatu sisi dan disisi lain terjadinya penurunan ipm, hal ini mengindikasikan kesenjangan ekonomi yang semakin lebar. pertumbuhan ekonomi tidak dinikmati secara merata, tetapi hanya dinikmati kelompok kecil masyarakat, baik fasilitas kesehatan, pendapatan, maupun pendidikan. masih banyak warga yang mengalami kemunduran dalam kualitas hidup.

keempat, bila dilihat dari besaran anggaran pembangunan sebenarnya dari tahun 2008 hingga tahun 2011 anggaran yang diperuntukkan untuk bagi pendidikan, kesehatan, dan penanggulangan kemiskinan dari 124 triliun naik menjadi 180 triliun (2009), 184 triliun (2010) dan 251 triliun untuk tahun 2011 ini.

kelima, menurut menteri pendidikan dan kebudayaan, penurunan tersebut, salah satunya karena adanya perbedaan dalam penghitungan indeks pendidikan antara program pembangunan pbb (undp) dan kementerian pendidikan dan kebudayaan. penghitungan versi undp menggunakan rata-rata lama sekolah 5,8 tahun di ukur dari penduduk usia 25 tahun ke atas. akibatnya yang diukur adalah penduduk yang sudah bekerja dan berkeluarga. pendidikan dasar dan menengah tidak diukur. sementara mendikbud memakai data susenas 2010 bps, yaitu 7,9 tahun di ukur dari penduduk berusia 15 tahun ke atas.

-----------------------------------------------------
kode kliping : E027
jenis kliping : artikel kliping sosial ekonomi
judul : tingkatkan kualitas penggunaan anggaran
penulis : kompas
sumber : kompas
tanggal terbit : 9 nopember 2011

kliping kedua… untuk kliping berita hari ini : hasil liga champion

Ahsan Shop
adalah blog tempat menjual aneka camilan, oleh-oleh atau makanan ringan yang khas dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Propinsi Kalimantan Selatan
www.kiosahsan.blogspot.com
---------------------------------------------
menyambung tulisan sebelumnya memulai lagi posting kliping, yang memuat berita politik. baca disini : memulai lagi posting kliping

untuk kliping berita yang kedua ini, sejenak untuk merefresh pikiran dulu, dengan membuat kliping dari berita sepak bola, tepatnya berita hasil pertandingan liga champion eropa 2011 - 2012 antara olympique lyon versus real madrid.

meski dini hari kamis (3/11/2011) menonton siaran langsung pertandingannya lewat televisi, saya selalu tidak ingin melewatkan berita hasil pertandingan tersebut di surat kabar. karena selain bisa mendapatkan ulasan berita versi surat kabar, juga dengan berita tersebut bisa “diarsipkan” untuk bahan referensi di kemudian hari.

adapun kliping berita sepak bola ini saya ambil dari surat kabar banjarmasin post dan media kalimantan (4/11/2011). di surat kabar banjarmasin post berita hasil pertandingan liga champion antara olympique lyon versus real madrid ini diberi judul : cr100


seperti yang ditulis oleh surat kabar banjarmasin post, sepasang gol cristiano ronaldo ke gawang olympique lyon tidak hanya mengantarkan real madrid ke fase 16 besar liga champion. berkat kemenangan ini, madrid menjadi satu-satunya konstestan liga champion yang berhasil ke fase knock out pertama dengan rekor sempurna. los blancos menyapu bersih empat laga dan mengumpulkan 12 angka. mencetak 10 gol dan tak pernah kebobolan.

ronaldo mencetak gol pertamanya pada menit ke-24 lewat proses freekick. sementara gol kedua dicetak melalui titik penalti pada menit ke 69. gol kedua sangat istimewa bagi megabintang asal portugal tersebut. itulah gol ke 100 pemain berjuluk cr7 bersama madrid sejak pndah dari manchester united pada 2009. gol ke 100 ini tercipta di pertandingan ke-105 bersama los blancos.

sedangkan di surat kabar media kalimantan berita hasil pertandingan liga champion antara olympique lyon versus real madrid ini diberi judul : masih ‘perawan’…
seperti yang ditulis oleh media kalimantan, real madrid mencatat hasil yang gemilang untuk lolos ke babak 16 besar liga champions. empat laga dilalui dengan hasil sempurna. madrid mengoleksi 12 poin, unggul lima angka dari ajax amsterdam di tempat kedua. hebatnya lagi, dari 10 gol yang dilesakkan madrid, gawang iker casillas masih perawan (belum kebobolan satu gol pun).


---------------------------------------------
kode kliping : E025
jenis kliping : berita sepak bola
judul : cr100
penulis : banjarmasin post
sumber : banjarmasin post
tanggal terbit : 4 nopember 2011

---------------------------------------------
kode kliping : E026
jenis kliping : berita sepak bola
judul : masih ‘perawan’
penulis : media kalimantan
sumber : media kalimantan
tanggal terbit : 4 nopember 2011

memulai lagi posting kliping.... berita dari partai golkar

membongkar kembali tumpukan koran. mencari ide untuk bahan postingan di blog ini. beberapa pekan saya bingung untuk bahan postingan. lebih dari dua ratus kliping yang sudah di posting di blog ini. saya berada dalam satu titik jenuh ; malas membaca.

berangkat dari “virus malas” ini, saya tidak ingin blog kliping saya ini terlalu lama menganggur, saya paksakan untuk membuat postingan lagi. ketiadaan ide, saya bongkar kembali tumpukan koran. dan memulai “membedah” satu demi satu berita ataupun opini yang dimuat surat kabar. adanya serangan “virus malas” ini pula yang menyadarkan saya untuk mengubah “gaya” tulisan. kesimpulan sementara yang saya buat, “gaya” tulisan saya selama ini, tidak begitu ramah dengan “mesin pencari” sehingga traffik pengunjung ke blog sangat rendah.

terakhir saya membuat postingan kliping dengan judul : kliping koran memilih pemimpin transisional (15 oktober 2011. memulai lagi postingan yang baru di blog ini, saya ingin memulai dengan “gaya” tulisan yang berbeda, berharap bisa lebih enak di baca dan ramah di mesin pencari.

berikut postingan perdana untuk bulan nopember 2011 ini :

kliping berita pertama adalah kliping berita hari ini, yang saya ambil dari surat kabar kompas (4/11/2011) berjudul : partai golongan karya : setelah aburizal menjadi capres.


kenapa saya memulai membuat kliping dengan berita politik ? saya senang mengikuti perkembangan perpolitikan di indonesia, dari politik saya bisa belajar banyak hal, dan menurut saya berita yang berjudul partai golongan karya : setelah aburizal menjadi capres ini layak untuk di arsipkan karena “bernilai” sejarah dan bisa dijadikan referensi dan bahan kajian dalam pilpres 2014 mendatang.

berikut beberapa resume dari isi kliping berita ini :

- tentang rapimnas ii yang dalam salah satu acaranya adalah paparan dari lsi dan reform institut yang menyampaikan hasil survey bahwa golkar dan ketua umumny, aburizal bakrie, dalam dua tahun terakhir menunjukkan tren positip. saat ini, golkar telah menjadi partai dengan elektabilitas (tingkat keterpilihan) tertinggi, mengalahkan partai demokrat. aburizal menjadi capre dengan elektabilitas tertinggi

- interupsi dari akbar tanjung yang menyatakan, hasil survey dari lsi dan reform institut itu membuktikan bahwa partai golkar tetap dapat meningkatkan elektabilitasnya, meski berada di dalam koalisi pemerintahan sby.

- golkar telah menetapkan aburizal sebagai calon presiden (capres) 2014. dengan keputusan tersebut, fokus partai golkar saat ini adalah meningkatkan elektabilitas dan pemenangan partai golkar serta aburizal di pemilu 2014. artinya partai golkar sudah menabuh genderang, siap bersaing dengan para kompetitornya di 2014, termasuk partai golkar.

bagaimana langkah partai golkar ke depan untuk memenangkan pemilu 2014 dan menggolkan aburizal bakrie menjadi presiden tentu menarik untuk mengikuti berita-berita selanjutnya…

----------------------------------------
kode kliping : E024
jenis kliping : artikel kliping sosial politik
judul : partia golkar : setelah aburizal menjadi capres
penulis : marcellus hernowo
sumber : kompas
tanggal terbit : 4 nopember 2011


----------------------------------------
ads sharekliping :

Ahsan Shop
Ahsan-Shop adalah blog tempat menjual aneka camilan, oleh-oleh atau makanan ringan yang khas dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Propinsi Kalimantan Selatan
http://kiosahsan.blogspot.com