Kliping Koran : Peradaban Bangsa : Gerak Mundur

kode kliping : A067
jenis kliping : artikel sosial budaya
judul kliping : peradaban bangsa : gerak mundur
penulis : yudi latif
sumber : kompas
tanggal terbit : 13 januari 2006

ringkasan isi kliping :

artikel ini memaparkan tentang gerak mundur dalam perkembangan peradaban kita. kemudian didalam artikel ini memaparkan kemajuan peradaban di zaman silam, mulai didirikannya sekolah, institut-institut oleh kolonial belanda, tumbuhnya klub-klub sosial (societit), lembaga penelitian, pendirian balai pustaka.

didalam artikel juga dituliskan perihal seiring dengan pertumbuhan kaum borjuis di perkotaan, tumbuh pula kantong-kantong kreativitas ilmu dan budaya. kelas tinggi menjadi penyangga dari “budaya tinggi”. tak mengherankan jika kualitas peradaban kita menjadi ukuran kemajuan, setidaknya untuk kawasan asia tenggara.

kemudian didalam artikel ini juga dituliskan bahwa perkembangan kota-kota di indonesia saat ini sungguh melenceng dari bangun arsitektur awalnya. ledakan orang-orang kaya baru (kelas tinggi) di perkotaan tak di ikuti oleh pertumbuhan “budaya tinggi”. jika gerak mundur ini terus dibiarkan, tradisi sejarah indonesia akan terus bergerak secara tak waras : mempertahankan yang buruk, membuang yang baik.

--------------------------------------------------
Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network.
Sangat cocok utk Semua Kalangan

0 comments:

Post a Comment