Kliping Koran : Masalah Kemiskinan Kita



Judul                : Masalah Kemiskinan Kita
Penulis              : Jermi Haning
Sumber            : Kompas
Tanggal            : Senin, 21 Mei 2007

Ringkasan Isi Kliping :

  1. Akhir April 2007, Presiden meluncurkan program PNPM Mandiri di Palu Sulawesi Tengah. Kehadiran Presiden dalam peresmian PNPM diharapkan dapat membawa efek bola salju yang memulihkan relasi berbagai stakeholders yang berselisih.
  2. Dampak konflik yang paling hakiki adalah kemiskinan relasional yang tidak dapat dipulihkan dengan kebijakan berbasis anggaran (Myers 2003).
  3. Pemerintah masih melihat kemiskinan sebatas deficit, kekurangan. Bahwa orang miskin tidak memiliki pendapatan yang cukup, perumahan yang layak, atau air bersih, pandangan ini mendorong perencanaan pengadaan materi yang tidak ada.
  4. Melahirkan persoalan baru : mendorong pemerintah memposisikan diri sebagai sinterklas. Orang miskin dilihat sebagai penerima pasif dan sebagai manusia yang tak utuh (chamber 1983)
  5. Membelanjakan pendapatan bagi orang miskin, sama sulitnya dengan memperolah pendapatan. Orang miskin suka meniru perilaku orang yang tidak miskin disekitar mereka sehingga pendapatan yang diperoleh sering habis di asset yang tidak produktif dan pengeluaran destruktif.
  6. akar persoalan kemiskinan adalah relasi yang rusak sebagai akibat dari cara pandang identitas dan panggilan yang salah.
  7. Penduduk miskin cenderung menyerah kepada nasib dan tidak percaya diri. Relasi yang rusak dengan Tuhan membuat larut dalam berbagai masalah. Sementara itu relasi yang rusak dengan sesame membuat kelompok tertentu menempatkan diri sebagai musuh dan persoalan terkini adalah rusaknya hubungan antara manusia dan lingkungan.
  8. jelas, pengentasan kemiskinan tidak cukup bila kemiskinan hanya dilihat sebagai ketiadaan materi semata. Kemiskinan adalah persoalan relasional yang harus diperangi melalui pemulihan identitas dan penemuan panggilan hidup semua stakeholders yang ada.


-----------------------------------------------------------------
Bisnis Online Murah & Mudah
Cepat Mendatangkan Duit Berlimpah
Dapatkan Info Lengkapnya dBC Network
Sangat cocok utk Semua Kalangan
www.dbc-network.com
-----------------------------------------------------------------

1 comments:

Jermi Haning said...

an old piece... came acrossed by accident, but love it :)

Post a Comment